TIPS OPTIMALKAN PENGGUNAAN RUANGAN

TIPS OPTIMALKAN PENGGUNAAN RUANGAN

Memiliki rumah kecil terkadang membuat orang merasa kebingungan memenuhi keinginannya untuk memenuhi kebutuhan dirumahnya. Sehingga seringkali orang menciptakan berbagai cara agar keinginannya dapat terwujud. Seiring berjalannya waktu terkadang kebutuhan tersebut tidak bisa dihindari. Misalkan disaat anak mulai menginjak dewasa tentu kebutuhan kamar pribadi akan sangat dibutuhkan.

Tips mengoptimalkan penggunaan ruangan
Tips mengoptimalkan penggunaan ruangan

Oleh karena itu Anda pun perlu untuk memodifikasi ruangan dirumah supaya penggunaan ruangan dapat dioptimalkan. Mengoptimalkan penggunaan ruangan memang dirasa penting sekali untuk rumah dengan luas terbatas, karena dengan ini dapat tercipta ruangan yang fungsional. Sejatinya ada banyak cara yang dapat Anda coba untuk mengoptimalkan penggunaan ruangan. Namun bila Anda merasa kebingungan, Anda dapat melakukan seperti tips berikut ini.

Tips Optimalkan Penggunaan Ruangan

1. Mengoptimalkan penggunaan ruang dapat Anda lakukan sejak sebelum membeli atau membangun sebuah rumah. Anda dapat merencanakannya terlebih dahulu dengan memastikan tidak adanya ruangan yang tidak terlalu dibutuhkan.

Misalnya seperti mempertimbangkan ruang tamu atau ruang keluarga harus terpisah dengan ruang lainnya, pentingkah adanya foyer dan ruang tamu. Namun bila Anda sudah memiliki sebuah bangunan rumah dan sedang membutuhkan ruangan baru, Anda pun dapat menyiasatinya dengan mengalih fungsikan ruangan yang jarang digunakan.

Contoh ruang tamu sekaligus ruang keluarga
Contoh ruang tamu sekaligus ruang keluarga

2. Dalam hal ini menggabungkan beberapa fungsi ruangan merupakan hal yang sangat dianjurkan. Ruangan akan tampil lebih maksimal bila Anda menggabungkan dua atau lebih fungsi ruangan seperti halnya pada ruang tamu. Ruang tamu dapat dijadikan sebagai tempat menerima tamu sekaligus untuk tempat bekumpulnya keluarga.

Selain itu Anda juga dapat menggabungkan tempat menerima tamu dengan tepat makan di dalam satu ruangan. Namun, Anda tetap harus memperhitungkan tataan ruang tersebut agar ruangan terlihat rapi. Alangkah lebih baik bila hanya menggunakan furnitur yang diperlukan saja.

3. Pastikan ruangan rumah Anda tidak terdapat banyak sekat pemanen. Penggunaan sekat pemanen pada ruangan justru akan membuat ruangan terasa sempit dan tidak leluasa untuk melakukan aktifitas. Namun bila penggunaan sekat dibutuhkan, maka sebaiknya gunakanlah perabot yang tersedia dirumah untuk pengganti sekat tersebut misalnya seperti rak, almari, atau meja. Dengan menggunakan perabot tersebut akan menjadikan ruangan tampak lebih alami. Anda juga dapat menggunakan tirai sebagai pengganti sekat.

Contoh ruang tamu sekaligus ruang makan
Contoh ruang tamu sekaligus ruang makan

4. Untuk menambah space pada ruangan, gunakanlah furnitur secukupnya atau menggunakan furnitur yang memiliki multi fungsi. Selain menghemat space, furnitur multi fungsi dapat menjadi altenatif untuk memenuhi kebutuhan interior ruangan.

Dipasaran sudah banyak menjual furnitur multi fungsi seperti kasur yang bisa ditempatkan di dinding ketika tidak digunakan atau dapat dijadikan sofa, kursi yang dapat dijadikan sebagai meja, serta coffee table yang bisa berubah menjadi meja makan.

admin

Write a Reply or Comment