4 Tips Memilih Bahan Untuk Pintu Kayu

4 Tips Memilih Bahan Untuk Pintu Kayu

1. Jenis Kayu
Banyak jenis kayu berkualitas yang bisa di dapatkan dipasaran, beberapa diantaranya adalah kayu merbau, kayu besi, dan kayu bayam yang berasal dari Makassar. Agar dapat bertahan lama, untuk kusen rumah sebaiknya anda menggunakan kayu merbau. Selain tahan lama, kusen jenis ini juga sangat kuat dan tahan rayap.
2. Gunakan Obat Anti Rayap
Selain memilih jenis kayu, anda juga dapat menggunakan obat anti rayap agar kualitas dari kayu tersebut tetap terjaga. Ketika menggunakan obat anti rayap, anda bisa menyemprotkan obat itu pada tanah sebelum fondasi rumah dibangun dan pada permukaan kayu bangunan. Selain menggunakan obat anti rayap, anda juga harus melakukan perawatan rutin pada kusen serta perabotan kayu lainnya agar terhindar dari serangan rayap.
3. Pemilihan Dalam Teksturnya
Tekstur merupakan unsur terpenting dalam pemilihan kayu untuk kusen. Untuk itu saat anda memilih kayu sebaiknya anda benar-benar memperhatikan teksturnya. Biasanya kayu yang berkualitas memiliki tekstur keras dengan warna merah kecoklatan. Meski pun belum banyak menjadi pilihan, tetapi tekstur seperti inilah yang bagus dan berkualitas. Lalu bagaimana cara mengenali kayu bertekstur bagus? Caranya mudah sekali, ketika kayu terkena air, kayu dapat mengeluarkan getah berwarna merah. Jika kusen yang anda pilih memiliki sifat itu, maka sudah pasti kusen itu memiliki tekstur kayu yang berkualitas baik.
4. Hindari Belang Pada Kayu
Bila saat ini anda berniat membeli kusen atau daun pintu, ada baiknya mencermati bahan kayu yang digunakan karena hal itu dapat menentukan kualitas dari kusen itu sendiri. Jika kusen pintu yang anda pilih memiliki belang putih, maka sebaiknya anda jangan memilihnya meski pun kusen tersebut memiliki desain yang sangat bagus. Umumnya belang putih pada kayu terdapat pada pinggiran kayu adalah sasaran empuk bagi rayap.

admin

Write a Reply or Comment